Pemiliknya, Uyung dari Jakarta Timur, percayakan setingan pada Eman yang bos Manspeed itu. Dia kondang garap motor matik liaran.
Begitu dipercaya, Eman fokus mengubah setingan standar Mio Soul ini dengan bore up. Piston standar diganti punya Honda CBR 150R yang sudah oversize 200. Sehingga diameter melar dari standar 50mm jadi 65,5 mm.
Tentu harus diiringi dengan penggantian boring. Dengan menggunakan piston CBR, posisi piston bisa dibuat lebih mendem 2,5mm. Sehingga stroke atau langkah piston bisa naik-turun 2,5 ccm. Total kenaikan stroke 5 mm. Kini kapasitas silinder bisa dihitung, jadinya 211,8 cc.
Naik stroke cukup dilakukan menggunakan pen stroke. Sehingga kruk as masih standar. Paling penting lagi, paking blok masih selembar kertas. Dari luar terlihat seperti motor standar ting-ting yang bukan Ayu Ting Ting sedang Mencari Alamat itu.
Bisa turun untuk kelas standaran. Kalo orang bilangnya murni tanpa strukan," jelas Eman dari bengkelnya di depan gerbang kompleks AL, Jatibening, Bekasi.
Untuk kem, mekanik yang pernah berguru pada Om Chia di tim Suzuki beberapa tahun lalu ini, menggunakan klep in 34mm dan buang 29mm. Batangnya 5 mm dari bahan stainless. Dan per klep buatan sendiri dengan label Man Product.
Kem produk CMS dengan durasi klep in 274º. Membuka 33º sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 61º setelah TMB (Titik Mati Bawah). Sedangkan klep buangnya punya durasi 279º. Membuka 64º sebelum TMB dan menutup 35º setelah TMA.
Pengapian dan karbu standar dengan main-jet mencapai 130 dan pilot-jet 50. Pengaturan semburan bensol yang masuk ke ruang bakar dengan karburator standar yang direamer hingga 31mm dari aslinya 24mm. Untuk rasio kompresi ruang bakar menjadi 13,8:1. "Dengan begitu akan lebih cepat mencapai 500 meter," terang Eman.
Knalpot sudah diganti saringan dan leher dipilih pakai yang besar. Dari standar 24 menjadi 27 mm. Siap cari duit! (motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 160/60-17
Ban belakang : Swallow 140/70-17
Sok belakang: YSS
Pelek : DBS
Manspeed : 0815-1415-2487
0 komentar:
Posting Komentar